Minggu, 21 Februari 2016

Sejarah Internet

SEJARAH INTERNET

Sejarah Internet dimulai pada tahun 1969, dimana pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) megadakan sebuah riset bagaimana cara menghubungkan sejumlah computer  sehingga bisa menjadi satu kesatuan (jaringan komputer). Riset ini dinamakan ARPANET (Advance Research Project Agency). ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal berkembangnya jaringan internet saat ini. Tujuan awal dibangunnya proyek ini adalah untuk keperluan militer.

ARPANET pada mulanya hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Standford Research Institute, University Of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menciptakan fitur email untuk mendukung proyek ARPANET. Dimana fitur email ini berfungsi sebagai media pengiriman surat secara elektronik melalui jaringan computer, pada tahun ini pula symbol @ menjadi standar penggunaan alamat email. Symbol @ (dibaca at) berfungsi untuk memisahkan antara nama user dan sebuah server mail.

Baru pada tahun 1973, jaringan computer ARPANET ini dikembangkan keluar Amerika Serikat. Computer University College London adalah computer pertama diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan computer ARPANET.

Setahun setelah Ratu Inggris berhasil mengirimkan email dari Royal Signal and Radar Establishment di Malvern (26 Maret 1976), perkembangan jaringan computer ARPANET sudah lebih dari 100 komputer yang terhubung.

Seiring bertambahnya waktu dan banyaknya computer yang terhubung, maka pada tahun 1982 dibentuklah sebuah protocol resmi atau Transmission Control Protocol  (TCP) / Internet Protocol (IP) yang diakui oleh semua jaringan computer, kemudian pada tahun 1984 diperkenalkan system nama domain atau saat ini dikenal dengan Domain Name System (DNS)

Tahun 1988 Jarkko Oikarinen memperkenalkan IRC (Internet Relay Chatting) sebagai media untuk komunikasi antar jaringan computer dengan cara chat.

Pada bulan Maret 1990, ARPANET dibubarkan. Pada tahun inilah sejarah baru internet terjadi diantaranya  Tim Barners Lee menemukan program editor  browser yang bisa menjelajah antara satu computer dengan computer lainnya. Program inilah yang disebut WWW (World Wide Web).

Di tahun 1992 komputer yang terhubung sudah mencapai lebih dari 1 juta computer, pada tahun ini juga muncul istilah surfing the internet.

Situs-situs internet pun semakin bertambah, pada tahun 1994 saja tercatat ada sekitar 3000 alamat situs. pada tahun ini juga Netscape Navigator lahir sebagai browser penunjang surfing internet, bermunculan juga situs-situs virtual shoping (e-retail) di internet. Dan di tahun yang sama Jerry Yang memperkenalkan Yahoo!

Pada awal perkembangannya internet hanya digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu seperti militer dan universitas-universitas. Sampai akhirnya bisa dinikmati oleh masyarakat berbagai kalangan dengan berbagai kebutuhan.

Demikian sejarah singkat Internet, semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar