Selasa, 23 Februari 2016

Layanan Internet

LAYANAN INTERNET

Di jaman serba teknologi sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Dengan adanya internet menjadikan pekerjaan menjadi mudah.

Beraneka layanan yang ditawarkan di internet menjadikan pengguna Internet semakin bertambah dari hari ke hari.

Apa saja layanan yang dapat diperoleh di Internet? Berikut beberapa layanan yang dapat diperoleh di Internet:
1.    WWW (World Wide Web)
www merupakan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi –informasi yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language)

2.    FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah protokol untuk bertukar file melalui jaringan. FTP sering digunakan untuk mendownload sebuah file dari server maupun untuk mengupload file ke sebuah server (misalnya mengupload konten-konten web ke sebuah webserver). Cara kerja
protokol FTP hampir sama dengan protokol lainnya. Apabila protokol HTTP bertugas untuk urusan web, kemudian protkol SMTP bertugas dalam urusan mail, maka FTP ini bertugas untuk urusan pertukaran file. Intinya FTP adalah protokol yang bertugas dalam hal pertukaran file baik itu download ataupun upload di jaringan.

3.    e-mail (electronic mail)
Layanan ini adalah layanan yang digunakan sebagai sarana berkirim pesan melalui media jaringan internet, pengiriman surat ini layaknya pengiriman surat biasa, harus ada alamat pengirim dan penerima. Alamat email yang digunakan sebagai pengirim dan penerima berupa nama@email.com dimana nama merupakan nama user dari pengguna email, @ (dibaca et) merupakan pemisah antara nama user dan server mail, email.com merupakan server mail penyedia email.

4.    Milis (Mailing List)
Milis merupakan grup diskusi di Internet dimana semua orang bisa bergabung dan ikut serta didalamnya, anggota Milis mendaftarkan diri menggunakan akun email sebagai identitasnya. Biasanya Milis digunakan oleh anggota yang memiliki kepentingan, kegemaran atau kesukaan yang sama sehingga dalam sebuah forum milis ini memiliki komunitas untuk membahas suatu topic tertentu.

5.    Newsgroup
Newsgroup ini hampir sama fungsinya dengan milis yaitu sebuah forum diskusi, namun didalam newsgroup ketika seorang pengguna menuliskan sebuah berita di halaman newsgroup maka pengguna lainnya mengomentari berita tersebut masih di halaman newsgroup tersebut, tidak dikirimkan ke email semua penggunanya.

6.    Telnet (Telecommunication Network)
Adalah sebuah protocol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal

7.    Gopher
Gopher adalah protocol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet.

8.    IRC (Internet Relay Chat)
IRC adalah sebuah bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal , pengguna dapat melakukan obrolan dengan pengguna lain melalui teks yang dikirim

9.    VoIP (Voice Over Internet Protocol)
VoIP (telepon Internet) adalah sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya melakukan percakapan suara jarak jauh melalui media internet.

Demikian beberapa layanan yang terdapat di Internet, masih banyak lagi layanan-layanan yang bisa dimanfaatkan. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar