Senin, 30 Mei 2016

Kerjasama MICROSOFT dan FACEBOOK membangun Kabel di Samudera Atlantik


Perusahaan Microsoft dan Facebook telah melakukan kerja sama untuk membangun kabel bawah laut di samudera Atlantik.

Proyek ini akan dimulai pada bulan Agustus 2016 dan direncanakan selesai pada Oktober 2017, selain itu juga kerjasama dilakukan dengan menggandeng anak perusahaan Telxius, Telefonica.

Proyek kerjasama ini dinamakan 'Marea', ini merupakan kabel pengiriman data terbesar dibandingkan kabel yang lain, dan memiliki kapasitas sampai dengan 160 TBPS.

Ini adalah langkah Microsoft untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna, selain meningkatnya pengguna layanan komputasi awan Microsoft.

"Sebagaimana dunia yang terus bergerak maju ke masa depan dengan berbasis komputasi awan, Microsoft berkomitmen untuk membuat infrastruktur global yang mendukung koneksi lebih cepat untuk layanan awan kami," (Menurut Director of global network acquisition for Microsoft cloud infrastructure and operations Frank Rey), dikutip dari laman Venture Beat.

Pembangunan kabel ini rencananya akan membentang sepanjang Samudera Atlantik sampai wilayah Virginia Beach, Virginia dan Bilbao, Spanyol.

www.wired.com
Kabel ini dibangun pada infrastruktur yang sebelumnya sudah lebih dulu dikembangkan Facebook dan Microsoft untuk mengirimkan data di bawah laut.

Tahun lalu, Microsoft juga sempat bekerja sama dengan Hibernia dan AquaComms untuk membuat kabel bawah laut di Atlantik. Sebelumnya, Facebook juga sempat dilaporkan telah berinvestasi pada penanaman kabel di Samudera Pasifik.

Beberapa perusahaan teknologi dalam beberapa tahun terakhir memang diketahui telah berinvestasi untuk penanaman kabel di bawah laut. Data Center Knowledge sempat melaporkan Amazon Web Services untuk pertama kali melakukan investasi pada proyek kabel bawah laut.

Termasuk Google yang juga menawarkan layanan dan aplikasi untuk pelanggan pun disebut telah berinvestasi pada pengembangan penanaman kabel bawah laut.

0 komentar

Posting Komentar