Jumat, 18 Maret 2016

Cara Mengoptimalkan Space Hardisk Windows


Penggunaan komputer yang rutin atau biasa digunakan sehari-hari akan membuat komputer terasa melambat (lemot). Salah satu penyebabnya yaitu banyaknya program yang berjalan di background atau banyaknya file sampah pada sistem komputer anda.

Windows OS sudah menyediakan fasilitas-fasilitas untuk mendukung dan mengatasi hal tersebut.
Trik berikut ini akan membantu anda mengoptimalkan kinerja komputer anda,

1. Run Disk Cleanup

Tentukan drive yang akan dibersihkan, contoh "Local Disk (C:)" klik kanan pada drive tersebut cari properties akan muncul task berikut,
klik tombol "Disk Cleanup", muncul kembali task Disk Cleanup for (C:)
 pilih file yang akan dibersihkan kemudian klik tombol Cleanup system files.

2. Uninstall Aplikasi yang banyak memakan space hardisk (yang tidak digunakan)

Buka Control Panel, pilih Uninstall a program, pilih aplikasi mana yang akan dihapus (uninstall), tekan tombol uninstall dan ikuti proses uninstall-nya.

3. Analisa Space Hardisk

Langkah analisa ini adalah untuk mengetahui persis penggunaan ruang hard drive, anda dapat menggunakan program analisis hard disk. Aplikasi ini memindai hard drive anda dan menampilkan file dan folder yang memakan ruang hardisk. Salahsatunya WinDirStat.
Download Aplikasi

4. Membersihkan Temporary File

Windows Disk Cleanup sangat berguna, tetapi tidak akan menghapus file-file sementara yang digunakan oleh program lain. Sebagai contoh, riwayat kunjungan pada browser firefox atau chrome yang dapat memakan banyak ruang jika tidak dibersihkan.
Cobalah CCleaner, aplikasi ini dapat membersihkan file sampah dari berbagai program pihak ketiga dan juga membersihkan sampah yang tidak dibersihkan oleh Windows Disk Cleanup.
download disini

5. Cari File Duplikat

Anda dapat menggunakan aplikasi file finder duplicate untuk memindai file yang duplikat pada hard drive anda. Coba dupeGuru versi gratis, aplikasi ini dapat menghapus atau memindahkan file hingga sepuluh sekaligus, ini akan menunjukkan kepada anda file duplikat mana saja yang mengacaukan hard drive anda.
download disini

6. Mengurangi jumlah ruang yang digunakan system restore

System Restore dalam komputer dapat menghabiskan banyak ruang hard drive, system retore ini biasanya berfungsi untuk memulihkan file-file yang tidak segaja terhapus. Hapuslah system restore tersebut jika tidak diperlukan.

7. Nuclear Options

Trik yang satu ini pasti akan menghemat beberapa ruang, tetapi pihak Windows menonaktifkan fitur ini. (tidak direkomendasikan!) Trik ini hanya dapat dilakukan dengan rekomendasi pihak Windows.

0 komentar

Posting Komentar